wdcfawqafwef

SYARAT WAJIB SHOLAT FARDHU

Bismillahirrohmanirrohim,syarat wajib sholat itu ada 7 perkara :
1. Islam. Selain orang yang tidak islam tidak wajib atas dia sholat,berarti tidak dituntut didunia,karena meskipun dia mengerjakan sholat,tidak sah juga. Tetapi dia akan mendapat siksa kelak diakhirat,sebab dia tidak sholat,sedangkan dia dapat mengerjakan sholat dengan jalan masuk islam terlebih dahulu. Orang kafir apabila ia masuk islam tidaklah wajib mengqodho sholatnya sewaktu ia belum islam,begitu juga puasa dan ibadah lainnya,tetapi amal kebaikannya sebelum islam tetap akan mendapat ganjaran yang baik. Sabda Nabi saw :
"Islam itu menghapuskan segala kejahatan yang telah ada sebelum islam"-maksudnya yang dilakukan seorang sebelum islam. Riwayat Muslim.

2. Suci dari haidh dan nifas. Sabda Nabi saw :
kata beliau kepada fatimah binti Abi Hubaisy :"apabila datang haidh tinggalkanlah sholat". Riwayat Bukhori.
3. Berakal. Orang yang tidak dan belum berakal tidak wajib sholat.
4. Baligh (umur dewasa). Dapa diketahui umur dewasa itu dengan salah tanda berikut :
a. Cukup berumur lima belas tahun.
b. Bermimpi bersetubuh (mimpi keluar mani).
c. Mulai keluar haid bagi perempuan.
Wajib bagi orang tua untuk mengajarkan dan menyuruh anaknya untuk sholat saat sudah umur 7 tahun,dan apabila dia sudah 10 tahun dan tidak mau mengerjakan sholat maka orang tua wajib memukul anak itu dalam arti memukul hanya sekedarnya saja hanya untuk menakuti anak itu agar mau sholat,bukan berlebihan memukul dengan kekerasan atau sejenisnya.
5. Telah sampai da'wah (perintah Rosulullah s.a.w kepadanya) artinya dia sudah pernah mendengar atau mengetahui tentang perintah sholat,baik itu dari guru,orang tua,kyai,temen atau yang lain maka wajiblah sholat bagi dirinya.
6. Melihat atau mendengar. Ini menjadi syarat wajib sholat karena ini menjadi media utama seseorang dalam menjalankan atau mempelajari sholat. Yang dimaksud adalah buta dan tuli sejak lahir,maka dia tidak dituntut hukum akan tetapi jika dia sudah pernah mempelajari dan mengerjakan sholat dan terkena musibah sehingga dia jadi tuli dan buta,walau demikian dia tetep berkewajiban menjalankan sholat.
7. Terjaga (tidak tidur). Apabila orang meninggalkan sholat karena ketiduran atau lupa,wajib atas dia sholat setelah dia teringat atau bangun dari tidurnya.

Al Khamdulillah,semoga bermanfaat dan semoga ALLOH S.W.T menerima semua amal kebaikan kita amin amin amin ya robbal 'alamin.