wdcfawqafwef

SHOLAT LIMA WAKTU

Bismillahirrohmanirrohim,asal maknb sholat dalam bahasa Arab berarti do'a,dalam pengertian sesungguhnya yaitu ibadah yang tersusun dari beberapa perkataan dan beberapa perbuatan yang dimulai dengan takbis diakhiri dengan salam,dengan syarat tertentu. Firman ALLOH S.W.T :
"Kerjakanlah sholat,sesungguhnya sholat itu mencegah perbuatan yang jahat (keji) dan yang mungkar". Al Ankabut 45. Sholat dalam sehari semalam dikerjakan dalam 5 waktu dan wajib atas orang islam baik pria maupun wanita yang sudah baligh (dewasa) dan berakal. Awal turun perintah sholat yaitu pada malam Isro' setahun sebelum tahun hijrah.

Beberapa hal sunnat yang dilakukan sebelum sholat :
1. Adzan. Asal makna adzan yaitu memberitahukan,maksudnya memberitahukan bahwa waktu sembahyang telah tiba dengan lafadz yang ditentukan syara'. Dalam lafadz adzan itu terdapat pengertian yang menandung beberapa maksud yang penting,sebagai Aqidah,seperti : adanya ALLOH yang Maha Besar bersifat Esa(satu),tidak ada sekutu bagiNYA,serta menerangkan,bahwa Nabi Muhammad saw adalah pesuruh ALLOH S.W.T yang maha cerdik dan bijaksana untuk menerima wahyu dari ALLOH S.W.T. Sesudah kita mempersaksikan bahwa tidak ada tuhan selain ALLOH S.W.T dan Nabi Muhammad saw adalah utusanNYA,kita diajak mentaati perintahNYA,yakni mengerjakan sembahyang,kemudian diajaknya pula kepada kemenangan dunia dan akhirat. Akhirnya disudahi kalimat tauhid.

2. Iqomah. Yaitu memberitahukan kepada ummat supaya siap berdiri untuk sembahyang,dengan lafadz yang ditentukan oleh syara'. Bagi jamaah perempuan,menurut kata yang masyhur dalam madzhab Syafi'i,disunnatkan iqomah saja tetapi untuk adzan tidak disunnatkan,karena adzan itu dengan suara yang nyaring (keras) tidak layak bagi perempuan,sebab ditakuti akan menjadi fitnah kepada pendengar.

Disunnatkan adzan pada telinga kanan pada anak yang baru lahir,dan iqomah pada telinga sebelah kiri,faedahnya supaya kalimat yang mula didengarnya sewaktu mulai hidup didunia ini adalah kalimat tauhid. Demikian juga sewaktu ia akan meninggal maka hendaklah diajarkan dan diperingatkan kalimat tauhid.

Al Khamdulillah,semoga posting kali ini membawa manfaat bagi pembacanya. Amin.