wdcfawqafwef

WAKTU SHOLAT FARDHU

Bismillahirrohmanirrohim,waktu dalam sholat telah ditentukan dalam sehari semalam,dibagi menjadi 5 waktu. Dalam waktu aktifitas kita selama 24 jam,kita diwajibkan mengingat dan menyembah kepada ALLOH S.W.T dalam 5 waktu yang telah ditentukan,dalam arti kita diperbolehkan melakukan aktifitas apapun tetapi hendaklah dalam 5 waktu yang telah ditetapkan ini kita sejenak berhenti akan aktifitas itu dan sejenak mengingat akan ALLOH S.W.T yang telah menciptakan kita,dunia dan akhirat beserta isinya.

Banyak orang menanyakan kepada ustadz,kyai,ulama tentang apa rahasianya agar keluarga,rezeki dan umur mereka menjadi berkah dan jawaban rahasia itu adalah sholat 5 waktu dengan BERJAMAAH,banyak sekali makna yang dikandung dalam sholat berjamaah,dalam sholat berjamaah terdapat suatu nilai kebersamaan yang erat,nilai ukhuwah yang tinggi dimana semua orang berkumpul menjadi satu dengan satu pemimpin (imam) hanya untuk bersujud dan menyembah kepada ALLOH S.W.T tuhan yang Esa,tuhan semua mahluk baik dunia dan akhirat,sholat berjamaah mengajarkan kita akan arti sebuah kepimpinan yang bagus,dimana jika imam takbir maka bertakbirlah semua makmum,jika imam ruku',rukuklah semua ma'mum ini melambangkan sebuah keindahan dalam berorganisasi. Sholat berjamaah mengajarkan kepada kita bahwa manusia itu sama dihadapan ALLOH S.W.T yang membedakan hanyalah iman dan takwanya didalam sholat tidak ada istilah pangkat,derajat,kaya,miskin,cantik,jelek semua gerakan sholat sama,sekalipun seorang jendral gerakan sholatnya pun sama seperti gerakan sholat kita rakyat biasa,kita sholat baca takbir,jendralpun juga baca takbir sama persis apa yang kita baca tidak kurang juga tidak lebih.

Sebenarnya masih banyak lagi akan hikmah yang tersimpan didalam sholat (baik berjamaah atau sendiri) insyaALLOH akan ditambahkan lain waktu,sholat 5 waktu adalah merupakan rukun islam yang nomer dua dan waktunya telah ditetapkan. Firman ALLOH S.W.T :
"Sesungguhnya sholat itu diwajibkan atas orang yang beriman,menurut waktu yang tertentu". Berikut waktu sholat fardhu :
1. 'Isya. Waktunya mulai dari terbenam syafaq merah (cahaya matahari yang terpancar ditepi langit,sesudah terbenam matahari,ada dua rupa mula-mula merah,sesudah hilangnya merah ini datang cahaya putih,kedua cahaya ini disebut "syafaq") sampai terbit fajar kedua (cahaya matahari sewaktu akan terbit,bertebaran melintang ditepi langit sebelah timur).
2. Subuh. Waktunya mulai terbit fajar kedua sampai terbit matahari.
3. Dhuhur. Waktunya setelah cenderung matahari dari pertengahan langit. Akhir waktunya apabila bayang-bayang sesuatu telah sama dengan panjangnya sesuatu tersebut.
4. 'Ashar. Waktunya mulai dari habisnya sholat dhuhur sampai terbenamnya matahari.
5. Maghrib. Waktunya dari terbenamnya matahari,sampai terbenamnya syafaq merah.

Sebenarnya waktu diatas dipakai zaman dahulu yang dimana belum ada penanda waktu (jam) akan tetapi untuk zaman sekarang tidak sulit untuk mengetahui kapan waktunya sholat. Al Khamdulillah,semoga bermanfaat dan semoga ALLOH S.W.T senantiasa memberikan pertolonganNYA kepada kita semua. Amin ya mujibassailin.