wdcfawqafwef

SYARAT SAH SHOLAT

Bismillahirrohmanirrohim,syarat wajib sholat itu ada 5 yaitu :
1. Suci dari hadats besar (hadats yang bisa dihilangkan dengan mandi wajib) dan hadas kecil (hadats yang bisa dihilangkan dengan wudhu'). Sabda Nabi saw :
"ALLOH tidak menerima sholat seseorang diantara kamu apabila dia berhadats sehingga dia berwudhu' ". Riwayat Bukhori dan Muslim. Dan firman ALLOH S.W.T :
"Jika junub,hendaklah kamu bersuci". Al Maidah 6.
2. Suci badan,pakaian dan tempat daripada najis. Firman ALLOH S.W.T :
"Dan bersihkanlah pakaianmu". Al Mudattsir 4. Diberikan keringanan untuk dibawa sembahyang sedikit najis atau yang sukar memeliharanya (menjaganya) seperti nanah,bisul dll.
3. Menutup aurat. Aurat pria antara pusar dan lutut,sedangkan untuk aurat perempuan yaitu seluruh badannya kecuali muka dan dua telapak tangan. Firman ALLOH S.W.T :
"Hai anak adam (manusia),ambillah (pakailah) perhiasanmu ketika sholat di masjid". Al A'raf 31. Berkata ibnu Abbas : Yang dimaksud dengan perhiasan dalam ayat ini,pakaian untuk sembahyang.
4. Mengetahui adanya waktu sembahyang. diantara syarat sah sembahyang mengetahui,bahwa waktu sembahyang sudah ada.
5. Menghadap ke kiblat (ka'bah). Selama dalam sembahyang wajib menghadap ke kiblat. Kalau sembahyang berdiri atau duduk menghadapkan dada kekiblat. Kalau berbaring,menghadapkan dada dan muka. Kalau dengan menelentang,hendaklah dua tapak kaki dan mukanya menghadap ke kiblat kalau mungkin,kepalanya di angkatkan dengan bantal atau sesuatu yang lain. Firman ALLOH S.W.T :
"Maka hendaklah engkau hadapkan mukamu kearah masjidil haram; dimana saja kamu berada hendaklah kamu hadapkan mukamu kesana". Al Baqoroh 144.

Al Khamdulillah,semoga bermanfaat dan senantiasa ALLOH S.W.T melimpahkan Berkah dan RahmatNYA kepada kita semua . Amin ya robba l'alamin.