wdcfawqafwef

WUDHU'

Bismillahirrahmanirrahim,wudhu' atau bersuci sebelum melakukan sembahyang atau menyentuh Al-Quran itu wajib dilakukan sedangkan perintah wajib wudhu' sendiri turun bersamaan dengan perintah wajib sembahyang lima waktu,yaitu satu tahun setengah sebelum tahun hijrah,Firman ALLOH S.W.T :
" Hai orang-orang yang beriman,apabila kamu hendak mengerjakan sembahyang hendaklah basuh (bersuci) mukamu,kedua tanganmu sampai dua siku dan sapulah kepalamu dan basuhlah kakimu sampai kedua mata kaki ". Al Maidah 6.

SYARAT-SYARAT WUDHU' :
1. Islam.
2. Mumaiyiz,(pintar,dalam arti mengerti syarat dan rukun wudhu')
3. Tidak berhadast besar.
4. Dengan air yang suci mensucikan.
5. Tidak ada yang menghalangi sampainya air kekulit anggota yang dibasuh wudhu' seperti cat,getah dll.

FARDHU (RUKUN) WUDHU' :
1. Niat. Niat melakukan wudhu' sedangkan untuk niat wudhu' adalah " Aku niat wudhu' untuk menghilangkan hadast kecil fardhu karena ALLOH ta'ala ".
2. Membasuh muka. Yang dibasuh adalah dari tempat tumbuh rambut kepala sebelah atas sampai kedua tulang dagu sebelah kebawah,lintangnya dari telinga ke telinga,seluruh bagian muka wajib dibasuh jangan sampai ketinggalan sedikit saja kalau bisa dilebihkan dalam membasuh muka.
3. Membasuh dua tangan sampai siku. Maksudnya siku ini juga dibasuh sampai atasnya dikit.
4. Menyapu sebagian kepala dengan air. Sebaiknya dibasuh agak banyak agar tidak terjadi kebimbangan.
5. Membasuh dua tapak kaki sampai mata kedua mata kaki.
6. Menertibkan rukun-rukun diatas. Maksudnya ialah berurutan dalam melakukan rukun wudhu,dari niat sampai selesai tidak boleh setelah niat langsung membasuh kaki,harus tertib dan berurutan.

Al Khamdulillah,semoga bermanfaat dan semoga kita semua selalu diberi Rahmat oleh ALLOH S.W.T amin.