wdcfawqafwef

POLIP BISA MUNCUL DARI LUBANG GIGI

Jika gigi berlubang,sikecil sepatutnya berobat kedokter. Jika terlambat,banyak dampak yang bisa muncul,salah satunya polip pulpa.
Drg Rudy M. Comentas mengatakan,gigi terdiri atas lapisan email,dentin,dan pulpa. Pada pulpa itulah terdapat saraf-saraf dan pembuluh darah. Lubang yang besar dapat mencapai bagian pulpa. Akibatnya,pulpa terinfeksi dan terekspos ronha mulut. Lama-lama pulpa menebal,keluar dari dalam gigi. Bentuknya seperti daging kemerahan dan mudah sekali berdarah. Ketika bercermin tampak tonjolan dari jaringan lunak di tengah-tengah gigi yang berlubang. "Bentuk daging kemerahan itulah yang dinamakan polip pulpa,"terangnya.

Awalnya,tonjolan itu relatif kecil,lama-lama tonjolan tersebut membesar. Umumnya mencapai ukuran maksimum beberapa bulan kemudian. "Ukuran polip itu biasanya mengikuti besar lubang atau ruang pulpa sisakit," ungkap Rudy. Bila sudah memenuhi lubang atau ruang pulpa,polip akan berhenti membesar.

Dokter gigi dari Klinik Kecantikan D-Arts itu menambahkan,ada kalanya polip pulpa tidak menimbulkan keluhan parah. Hanya,polip terasa nyeri bila terkena tekanan langsung gigi lain saat mengunyah. Bisa juga ketika terkena trauma. Misalnya,kena benturan keras,bulu sikat gigi,dan gigitan.

Untuk memastikan polip pulpa,diperlukan pemeriksaan yang lebih teliti dari sekedar melihat langsung. "Pemeriksaan meliputi rontgen gigi,gigi yang diduga ada jaringan polip diperkusi (diketok),rangsang gigi dengan suhu,dan electric pulp testing," papar Rudy.

Hal tersebut perlu dilakukan. Sebab,polip gigi tak hanya berasal dari pulpa. Ada pula polip yang berasal dari gusi. "Tentu,beda asal,perawatannya pun berbeda," imbuhnya. Kalau memang benar itu polip pulpa,harus segera dilakukan perawatan. Bila kerusakan yang di timbulkan tidak berat,yang dirawat cukup saluran akar.

Setelah pulpa diambil,kata Rudy,saluran akar akan dibersihkan. Kemudian diisi dengan bahan pengisi saluran akar,lalu lubang gigi akan ditutup tambalan. Bila ternyata dengan perawatan saluran akar masih menimbulkan keluhan,sangat mungkin perlu dilakukan ekstrasi atau pencabutan gigi sekaligus pulpanya. "pencabutan gigi merupakan pilihan terakhir,"ujarnya.

Selain gigi berlubang,lanjut dia,ada beberapa kondisi yang mengakibatkan polip pulpa. Diantaranya,gigi patah,tambalan gigi hilan,rerta mahkota gigi rusak. "Prinsipnya,semua kondisi yang menyebabkan pulpa terbuka dalam waktu lama bisa menumbuhkan polip didalamnya," tegas dia.

Semoga bermanfaat.

Sumber >> DETEKSI JAWAPOST (edisi selasa.01/06/2010)

0 Response to "POLIP BISA MUNCUL DARI LUBANG GIGI"