wdcfawqafwef

RAMADHAN BULAN PENUH BERKAH DAN AMPUNAN

ASSALAMU’ALAIKUM Wr.Wb
segala puji hanya untuk ALLAH SWT seru sekalian alam,sholawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW,Keluarga serta sahabat-sahabatnya. Para pembaca yang dimuliakan ALLAH SWT,marilah kita senantiasa meningkatkan iman dan takwa kita kepada ALLAH SWT dengan senantiasa menjalankan apa yang di perintahkanNYA dan menjauhi apa yang dilarangNYA,semoga kita semua selalu mendapat rahmatNYA Amin,pada kali ini izinkanlah saya yang fakir akan ilmu ini memberikan sedikit penjelasan akan keberkahan bulan suci Ramadhan.
Seperti yang telah kita ketahui bahwabulan suci Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan rahmat,berkah,bulan maghfirah dan taubat,untuk menghormati bulan yang mulia ini perlu kita ketahui perkara yang bersangkutan dengan keutamaannya bulan Ramadhan dan puasa didalam bulan Ramadhan diantaranya adalah :
1. Turunnya perintah menjalankan ibadah puasa ini diterima Nabi Muhammad di Madinah,hari senin tanggal 2 bulan Sya’ban,Ssudah Nabi Muhammad SAW hijrah selama 2th. Dasar wajib puasa adalah firman ALLAH SWT yang artinya :
“Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu sekalian berpuasa,seperti yang telah diwajibkan kepada orang-orang yang beriman sebelum kamu,agar kalian semua bertakwa” (Q.S ALBAQARAH:182) Rosulullah juga bersabda “Agama islam didirikan atas lima perkara yaitu bersaksi tiada tuhan selain ALLAH SWT dan Nabi Muhammad utusanNYA,mendirikan sholat,membayar zakat,puasa bulan Ramadhan dan haji ke baitullah(bagi yang kuasa)
2. Keutamaan bulan Ramadhan telah disebutkan oleh Nabi ketika datang bulan Ramadhan “Bulan Ramadhan yang diberkahi telah datang kepada kamu semua,ALLAH SWT telah mewajibkan atas kamu semua puasa di bulan Ramadhan,didalam Bulan Ramadhan semua pintu Surga dibuka dan pintu Neraka ditutup,semua syaithan diblenggu,juga didalamnya ada suatu malam yang lebih utama daripada seribu bulan (lailatul qodar) barang siapa tertutup dari kebagusan malam itu maka dia termasuk orang yang tertutup sebenarnya”. Jika ada pertanyaan : Syaithan semua dibelenggu,lalu kenapa masih banyak orang yang berbuat maksiat dan dosa ? maka jawabannya :itu menandakan bahwa hatinya atau rukhnya penuh dengan kotoran,jadi walaupun yang menggoda sudah tidak ada,bila tidak bisa menghilangkan noda dalam hatinya,maka nafsunya itulah yang ganti menggoda mengajak kepada kemungkaran.
3. Dalam sebuah hadist diterangkan “didalam bulan Ramadhan ada malaikat yang berkata”hai orang yang mencari kebaikan,berbahagialah kamu”. “Hai orang yang mencari kejelekan berhentilah kamu”,yang demikian ini sampai usai bulan Ramadhan”.
4. Melebur dosa antara ramadhan sampai ramadhan lagi,sabda Nabi “Sholat lima waktu, jum;at satu dan satunya,ramadhan satu dan ramadhan yang akan datang itu bisa melebur dosa diantara waktu itu,selagi tidak melakukan dosa besar”. Jadi yang di ampuni adalah dosa kecil,selagi tidak melakukan dosa besar.
5. melebur dosa yang lalu. sabda Nabi “barang siapa pusa karena iman dan mengharapkan ridho dari ALLAH SWT dan fahalanya,maka diampuni dosa yang lalu”
6. Puasa dapat memberi syafaat/pertolongan di hari kiamat. sabda nabi ” Amal puasa dan membaca alquran itu dapat memberi syafaat pada hari qiyamat. berkata puasa ” ya tuhanku ! orang ini telah aku cegah dari makanan dan sahwat/nafsu didalam waktu siang,maka dari itu sudilah tuan(ALLLAH SWT) menerima syafaat saya untuk dia” berkata sholat “Orang ini telah saya cegah dari tidur malam.maka sudilahj tuan (ALLAH SWT) menerima syafaat saya untuk dia”. dan kedua-duanya diterima syafaatnya oleh ALLAH SWT.
7. Menjauhkan dari siksa neraka. Sabda Nabi “tidak puas seseorang umat sehari saja dengan niat mengagungkan agamanya ALLAH SWT kecuali pasti ALLAH SWT menjauhkan perahu orang itu dari api neraka sejauh 70 post. Karena puasanya sehari tadi”.

Demikianlah uraian singkat tentang berkah dan manfaat ramadhan,semoga ALLAH SWT memberikan Ridhlonya kepada kita semua Amin ya mujibassailin, semoga bermanfaat dan mohon maaf bila ada kekeliruan dalam bentuk apapun.
WASSALAMU’ALAIKUM Wr.Wb
Nb: ya thoybah silahkan donlot lagu voc.Sulis ini bagi yang berkenan.

0 Response to "RAMADHAN BULAN PENUH BERKAH DAN AMPUNAN"